Minggu, 27 Januari 2013

Future Foundation: Chaos-tech (Trollin’ or Freakin’)



Bertemu kembali dengan saya dalam Future foundations, minggu ini kita akan membahas salah satu deck style yang legendaris dari masa ke masa selalu mempunyai tempat di hati para newbie dan pro, bahkan di turnamen terbesar sekalipun. Deck yang play nya selalu bisa dimainkan dengan berbagai macam archetype. Deck yang di regional OCG dan TCG cukup bagus. Yaitu Chaos Tech:

CHAOS-TECH

Maksudnya adalah deck yang akan kita bahas kali ini memakai style chaos. Chaos deck berorientasi pada pemakaian dua atrribut monster yang dikenal berlawanan yaitu : Light dan Darkness. Deck chaos memiliki kelebihan yaitu bisa dikombinasikan dengan deck lain. Memanfaatkan kartu yang sudah tidak digunakan untuk bangkit kembali merubah pertandingan.

Karena banyak play kali ini saya memilih dua macam deck chaos, yaitu : Ojama-Chaos (rogue deck) dan Tech Genus Chaos dragon (meta deck). Mari kita bahas satu persatu.

Trollin’
Deck build
Ini salah satu deckbuild yang saya sarankan untuk Ojama Chaos:

Monster:23
2x ojama yellow
2x ojama black
2x ojama green
2x ojama blue
1x ojama red
1x gorz emissary of darkness
2x tour guide from underworld
2x tragoedia
1x sangan
1x honest
1x night assailant
1x chaos sorcerer
1x black luster soldier envoy of the beginning
2x effect veiler
2x junk synchron

Spell:14
2x ojamagic
3x ojama country
3x mystical space typhoon
1x heavy storm
1x dark hole
1x monster reborn
2x creature swap
1x pot of avarice

Trap:3
3x royal decree

Extra deck:
3x gachi gachi gantetsu
2x wind up zenmaines
2x no 56 dark mist
1x frozen fitzgerald
1x aoj catastor
1x maestroke the symphony djinn


Play
Mari kita bahas play dari ojama-chaos. Seperti deck ojama lain kunci permainannya adalah tipe control-field dengan memakai Ojama country. Karena tipikal chaos ini rogue deck jadi biasanya memakai strategi yang menyulitkan deck lain. Untuk ojama-deck dengan Ojama country bisa merubah ATK menjadi DEF dan sebaliknya hanya dengan ada satu monster ojama di arena. Dan juga bisa special summon satu ojama monster dari graveyard dengan discard satu kartu di tangan. Karena itu monster ojama memiliki DEF yg lebih besar dari ATK, maka untuk support lain kita memakai monster yang memiliki DEF besar. Karena itu kita memiliki XYZ monster yang kuat dengan DEF besar yang mudah dipanggil seperti Gachigachi gantetsu, Maestroke the symphony djinn dan Wind up zenmaines. Dengan bantuan beberapa monster Dark (dimana ojama-monster beratribut Light) kita bisa dengan mudah memanggil Boss deck Chaos yaitu Black Luster Soldier-EOTB. So apalagi yang sulit? Bila lawan memanggil monster yang kuat kita tukar dengan creature swap dan targetnya tentu ojama monster. Apalagi yang sulit dengan deck ini control-lah lawan mu.


Freakin’
Deck build
Ini salah satu deckbuild yang saya sarankan untuk TG Chaos Dragon:

Monster:28
3x lightsworn hunter ryko
1x sangan
2x t.g warwolf
1x t.g striker
1x night assailant
2x tour guide from underworld
1x dark armed dragon
2x lightsworn sorcerer lyla
2x card trooper
3x lightpulsar dragon
1x chaos sorcerer
1x black luster soldier envoy of the beginning
1x red-eyes darkness metal dragon
2x effect veiler
2x debris dragon
2x tragoedia
1x gorz emissary of darkness

Spell:7
1x heavy storm
1x foolish burial
1x monster reborn
1x charge of light brigade
3x solar recharge
1x dark hole

Trap:2
2x call of the haunted
1x breaktrough skill

Extra deck:
1x wind up zenmaines
1x t.g wonder magician
1x trident dragion
1x lavalval chain
1x scrap dragon
1x photon streak bounzer


Play
Untuk deck ini gameplay sama seperti deck Chaos-dragon yang lain yaitu milling (membuang kartu dari deck) dengan kartu seperti Lightsworn monsters & support, card trooper dan foolish burial. Untuk mengisi graveyard dengan monster light dan dark, lalu memanggil Boss monster deck chaos. Untuk deck chaos dragon memiliki banyak monster andalan mulai dari Black luster soldier –EOTB, Lightpulsar dragon, Chaos sorcerer, sampai Red-eyes darkness dragon. Lalu apa yang berbeda? Yang berbeda adalah adanya archetype Tech Genus (T.G). dengan T.G warwolf dan Tour Guide from Underworld (TGU) di tangan, kamu bisa mendapat +3 field presence. Normal summon  TGU special summon Sangan, special summon T.G warwolf. Terserah mau di apakan mereka. Yang jelas T.G warwolf bisa mencari T.G lain bila mati dan dapat di special summon bahkan di turn lawan bila lawan memanggil monster level 4 ke bawah. Untuk deck tipe ini kamu tidak perlu banyak berpikir untuk mengontrol lawan yang penting bila ada kesempatan untuk memberi damage ke lawan masukkan damage sebesar-besarnya. Tentu saja kamu tidak akan kesulitan dengan decklist di atas.


Weakness
Semua deck punya kelebihan pasti punya kekurangan, untuk hampir semua deck Chaos-tech adalah graveyard base. Siding yang pas adalah Macro cosmos dan D.D crow. Untuk menutupi kekurangan ini gunakan kartu anti seperti Mystical space typhoon, night beam, forbidden lance atau forbidden shroud. Setidaknya bisa menolong dari kekalahan. Untuk melawan deck lain siding tergantung keputusan anda.


Closing
Hampir semua bisa dikombinasikan untuk membuat deck chaos-tech, tapi tergantung playstyle kamu. Yang jelas deck tipe ini cocok untuk pemula yang ingin berlatih dengan deck yang cukup kuat. Tapi deck ini juga kuat bila ditangani oleh mereka yang berpengalaman. Yang jelas chaos-tech selalu akan mendapat tempat di turnamen dari masa ke masa. Finally huff!

Nuwun,nuwun, matur nuwun


Anone the nobody

Tidak ada komentar:

Posting Komentar