Jumat, 05 April 2013

Future Foundation: Mecha Phantom beast-Karakuri OTK


Bertemu kembali dengan saya dalam Future foundations, kali ini kita akan membahas deck dari booster Judgement of Light (JOTL) dan Lord of Tachyon Galaxy. Archetypenya berisi dari berbagai macam jenis pesawat, tentu saja subtypenya machine. Deck yang selama ini kurang menarik dibahas akan saya bahas demi meramaikan kembalinya Synchro .Deck nya adalah Mecha phantom beast:

MECHA PHANTOM BEAST

Deck mecha phantom beast berisi monster ber subtype machine dan ber attribute Wind. Karena machine saya coba menggabungkannya dengan archetype lain, antara lain Karakuri dan Psychic. Karena untuk fokus ke synchro summon dan OTK machine yang paling heboh adalah karakuri, maka saya gabungkan keduanya. Disamping itu untuk mencegah kegagalan OTK kemampuan toolbox Mecha phantom beast membuat tetap berada di udara untuk bertahan menyiapkan serangan berikutnya. Kurang lebihnya deck ini mirip pemanggilan Megazord nya super sentai yang biasanya cukup banyak. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut.



Deck build
Ini salah satu deckbuild yang saya sarankan untuk Mecha phantom beast:

Monster: 20
2x mecha phantom beast colt-wing
3x mecha phantom beast blue-impalase
3x mecha phantom beast mega-raptor
3x mecha phantom beast tether-wolf
3x solar wind jammer
3x psychic commander
2x karakuri watchdog saizan
1x karakuri stategist nishipachi

Spell: 14
3x scramble
2x instant fusion
3x emergency teleport
1x monster reborn
1x heavy storm
1x foolish burial
2x mystical space typhoon
1x dark hole

Trap: 6
2x aerial recharge
2x barrel roll
2x torrential tribute

Extra deck:
2x cyber saurus
2x mecha phantom beast conco-ruda
2x mecha phantom beast drago-sac
1x no 42: galaxy starship tomahawk
3x karakuri shogun burei
3x karakuri steel shogun bureido
1x scrap dragon

(NB: pahami efek masing-masing kartu terlebih dahulu sebelum membaca bagian selanjutnya agar tidak bingung.)

Play
a.overall
Mari kita bahas lebih lanjut tentang deck ini. Karena menggunakan sistem karakuri, maka deck ini menggunakan play standar swarming karakuri synchro ala geargia-karakuri. Pertama kita bahas dulu kelebihan dari monster mecha phantom beast, untuk effect monsternya dan xyz boss-monsternya (drago-sac) memiliki continous effect yaitu cannot be destroyed by battle or by card effect jika kamu memiliki token monster di field. Kemudian masing-masing monster juga mampu membuat token pada kondisi tertentu, dan dapat mengorbankan token untuk mendapat effect tertentu.
b.searching setup
Untuk searching kita bisa mengandalkan Mecha phantom beast mega-raptor, dengan mengorbankan token kamu bisa add Mecha phantom beast monster selain itu bila ada token yang disummon maka mega-raptor akan menambahkan ekstra 1 token monster lagi.
c.offense combo swarming OTK
Hal yang menarik dari YGO adalah OTK, untuk build Mecha phantom beast-karakuri, kamu bisa melakukan salah satunya dengan OTK 3 kartu. 3 kartu tersebut harus di hand dan asumsinya field lawan kosong melompong, kartunya adalah: cyber dragon/solar wind jammer/instant fusion, emergency teleport dan Mecha phantom beast tether-wolf. Mari kita bahas langkah OTK nya:
  1. Bila di field lawan ada monster dan kita 1st turn, SS cyber dragon/solar wind jammer, lalu terserah dengan cara apa kamu bereskan monster lawan. Bila tidak ada bisa memakai instant fusion bayar 1000 LP SS cyber saurus.
  2. NS mecha phantom beast tether-wolf, efek SS 1 token lv.3 dan tether-wolf jadi lv.7
  3. Aktifkan emergency teleport, SS psychic commander. Synchro dengan cyber dragon/solar wind jammer/cyber saurus menjadi Karakuri Steel Shogun bureido, SS karakuri watchdog saizan
  4. Synchro saizan dengan token menjadi karakuri shogun burei, SS karakuri watchdog saizan, ubah posisi saizan, efek bureido draw 1, dan kini tether-wolf kembali menjadi lv.4
  5. Synchro saizan dengan tether-wolf menjadi karakuri steel shogun bureido, SS karakuri strategist nishipachi dan ubah posisinya dengan efeknya sendiri, draw 2 kartu dari efek bureido.
  6. Total di field 2800+2800+2600=8200, bila kamu punya kartu yang bisa SS token atau monster apapun bisa di synchro dengan nishipachi untuk menambah damage, misalkan kamu punya mecha phantom beast blue-impalase di grave bisa kamu banish untuk mendapat 1 token lv.3 yang artinya kamu bisa synchro lv.6 dengan nishipachi menjadi beastlord vulcan untuk menambah damage atau bouncing 1 monster lawan yang dipakai untuk SS cyber dragon/solar wind jammer, bagaimana bisa mendapat blue-impalase di grave? Bisa memakai kartu ke empat asumsinya foolish burial.

d. offense combo non-OTK
Kamu bisa melakukan kombo lain misalkan, NS Mecha phantom beast tether-wolf dapat 1 token, kemudian mainkan Scramble, korbankan 1 token SS Mecha phantom beast colt-wing dan dapat 2 token, artinya mecha phantom beast kamu menjadi lv.10 dan bisa xyz menjadi Superdreadnought railgun gustav max yang detach tembak 2000 LP sebelum damage 3000. Dengan memainkan kartu dalam decklist diatas kamu bisa melakukan synchro dan xyz bermacam-macam kartu. 
e. defense
Untuk bertahan dari lawan yang melakukan siding atau tidak, kamu bisa menggunakan banyak kartu. Misalnya Mystical space typhoon dan Heavy storm untuk membereskan spell/trap pengganggu. Sedangkan untuk menghadapi permainan keras macam fast effect chain, yang menyita pikiran kamu bisa memakai Barrel roll. Untuk sweeping monster depan kamu bisa pakai Dark hole dan Torrential tribute dalam 1 deck karena rata-rata Mecha phantom beast indestructible paling yang akan hancur adalah tokennya bahkan saat dihancurkan bersamaan. Menarik bukan?

Weakness
Kelemahan deck ini adalah mungkin cukup lambat, dan Effect veiler bisa cukup melukai OTK, bisa juga saat bertemu Gorz the emissary of darkness. Hand trap adalah momok menurut saya dalam format sekarang. Skill drain bisa menghentikan langkah-langkah berbahaya Mecha phantom beast, meskipun bisa di handle. Counter siding yang tepat bisa membantu anda menang.

Closing
Mecha phantom beast-karakuri memerlukan kesiapan kamu untuk tetap membuat pesawat-pesawat itu tetap di udara, sebelum kamu melakukan finishing dengan OTK. Semoga bisa menjadi bahan untuk membuat deck. Selamat mencoba. 

Nuwun,nuwun, matur nuwun


Anone the nobody


2 komentar:

  1. harusnya di kasih translate di efect pd kartu ocgnya,... kalau ga ada malah jd males bacanya juga

    BalasHapus
  2. sori,buat yg draw sama bureido,itu effnya once per turn,jadi pas yg bureido pertama effnya jalan draw 1,pas bikin bureido kedua terus nishipachi jadi cuma draw 1

    BalasHapus