Jumat, 12 April 2013

Future Foundation: Gagaga Utopia

Bertemu kembali dengan saya dalam Future foundations, kali ini kita akan membahas deck yang selama ini support nya selalu keluar pelan-pelan, apalagi kalua bukan deck tokoh utama YGO ZEXAL, Yuma. Tentu semua sudah tahu deck nya apa. Deck nya adalah Gagaga:

GAGAGA

Deck Gagaga berisi 2 type monster yaitu Spellcaster dan Warrior, karena temanya Gagaga maka pembahasan kali ini memakai hampir semua kartu dari Gagaga. Deck ini memiliki support mirip deck Yugi-Dark magician, dalam deck ini disebut Gagaga magician yang mampu merubah level dari 1-8 tapi tidak bisa dipakai untuk synchro material. Kelebihan deck ini adalah dapat melakukan xyz summon hampir semua rank. Dengan support terbaru dari Judgement of Light (JOTL) saya yakin deck Gagaga cukup seru dimainkan. Supaya lebih mantap anda bermain seperti Yuma, deck ini saya tambahkan xyz monster milik Yuma, yaitu No.39 Utopia. Dan semua supportnya sehingga kamu bisa bermain semirip mungkin dengan Yuma. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut.



Deck build
Ini salah satu deckbuild yang saya sarankan untuk Gagaga:

Monster: 20
2x armageddon knight
3x gagaga caesar
3x gagaga clerk
3x gagaga magician
3x gagaga girl
2x gagaga kid
2x summoner monk
2x tragoedia

Spell: 17
3x gagagabolt
3x gagagarevenge
3x rank up magic-numeron force
1x heavy storm
1x monster reborn
2x hidden armory
2x wonderwand
1x allure of darkness
1x reinforcement of army

Trap: 3
3x gagagashield

Extra deck:
2x no.33 chronomaly machu mech
2x gagaga cowboy
2x no.39 utopia
2x no.c39 utopia ray
1x no.c39 utopia ray V
1x no.c39 utopia ray Victory
1x ZW leo arms
1x shark fortress
1x magi magi magician gal

(NB: pahami efek masing-masing kartu terlebih dahulu sebelum membaca bagian selanjutnya agar tidak bingung.)

Play
a.overall
Mari kita bahas lebih lanjut tentang deck ini. Deck dengan build ini mengutamakan OTK menggunakan Machu mech maupun menggunakan Utopia. Untuk melakukan xyz summon sangat mudah karena dibantu dengan adanya gagagarevenge, dan untuk meningkatkan kegunaannya dibawa armageddon knight untuk mempercepat monster gagaga masuk graveyard. Untuk mengatasi lawan bisa memakai kartu bagus yaitu gagagabolt yang sangat berguna menghancurkan apapun itu yaitu 1 card di arena dengan control gagaga monster. Untuk extra deck bisa diisi berbagai macam xyz monster karena deck ini hampir pasti bisa melayani xyz summon hampir semua generic xyz monster, apalagi dilengkapi dengan rank up magic-numeron force yang mampu mengubah number menjadi number C, kamu bisa mengisi extra deck dengan number C yang lain selain Utopia.

b.searching setup
Untuk searching, digunakan reinforcement of the army untuk mencari gagaga caesar atau gagaga clerk untuk melakukan xyz summon atau mencari gagaga dumper, yaitu armageddon knight. Lalu untuk mencari kartu penting digunakan allure of darkness dan wonder wand. Mengapa wonder wand dan bukan gagagadraw padahal gagagadraw kan bertipe gagaga, karena gagagadraw butuh 3 gagaga di graveyard dan mem-banish nya sayang sekali. Cara itu terlalu lama dan beresiko, sedangkan wonder wand adalah cara paling aman menurut saya, bisa dipakai untuk pumping ATK, untuk draw bisa SS gagaga kid di-equip dan di-tribute, dan bisa di search dengan hidden armory. Mengapa lagi bawa hidden armory, karena hidden armory adalah searcher untuk drawer, searcher untuk reborn gagaga, dan juga untuk dumper sangat penting menurut saya. Karena deck ini membawa cukup banyak spell maka dipakai summoner monk untuk instant access Utopia. Yang jelas pasti keluarin Utopia biar kaya Yuma. :D

c.offense combo OTK
Untuk bagian ini adalah bagian yang menjelaskan bagaimana kamu membunuh dengan tepat dan cepat. Deck ini menawarkan beberapa cara untuk instant kill, antara lain:
1. Machu mech OTK
Untuk yang ini syaratnya adalah: gagaga girl dan gagagarevenge di hand, dan gagaga magician di graveyard, lawan punya monster dengan ATK sebesar-besarnya di posisi ATK. Atau yang lain yang nantinya mirip kondisi ini. Langkahnya :
a. mainkan gagagarevenge SS gagaga magician
b. NS gagaga girl
c. xyz summon jadi no.33 chronomaly machu mech
d. effect gagaga girl lawan ATK jadi 0, effect machu mech selisih nya mulai dihitung, dan kamu declare attack nabrak monster tadi dan OTK. Selesai.

2. Utopia ray V OTK
Intinya aja kamu swarming gagaga monster salah satunya jadi no.39 utopia, chaos xyz jadi no.c39 utopia ray, mainin rank-up magic apa aja, jadi no.c39 utopia ray V. Effect ray V, destroy monster lawan makin gede ATK nya makin bagus, inflict damage dan declare attack dengan monster yang kamu punya dipimpin utopia ray V. Selesai.

3. Utopia ray Victory OTK
Intinya aja sama kaya model no.2, bedanya cuman rank-up jadi utopia ray victory dan butuh xyz summon rank 5 yaitu zw lion arms atau shark fortress, karena bisa membuat utopia ray victory yang bertambah ATKnya menyerang 2x. Tentunya declare attack. Selesai.

Tidak tertutup kemungkinan terjadi OTK dengan cara lain, yang dibahas dalam artikel ini ya Cuma ini.

d. offense combo non-OTK
Kalau kamu gak suka OTK lebih suka reli-reli panjang ala badminton, main aja pakai gagagabolt hancurin monster satu-satu dan xyz summon jadi utopia ray victory atau kalo suka yang sexy xyz summon jadi magi magi magician gal. Intinya kamu tetep habisin LP lawan, ingat starting LP lawan 8000.

e. defense
Untuk pertahanan saya Cuma bawa gagagashield yang luar biasa membuat spellcaster kebal selama 2x dari hampir apapun dalam tiap turn, dan untuk menahan serangan lawan disiapkan tragoedia yang juga bisa dipakai untuk copy level, sehingga bisa xyz summon lagi.

Weakness
Semua deck punya kelemahan. Deck ini mungkin sangat mudah dikenai effect veiler saat OTK. Untuk yang lain menurut saya macro cosmos juga berpengaruh besar. Untuk itu butuh gagagabolt untuk membersihkan semuanya juga counter siding yang tepat.

Closing
Deck gagaga masih akan terus mendapat support selama masa ZEXAL belum berakhir. Dan masih terbuka kemungkinan untuk memperbaiki deck ini ke depannya. Semoga membuat kalian sedikit menjadi mirip Yuma. Semoga bisa menjadi bahan untuk membuat deck. Selamat mencoba. 

Nuwun,nuwun, matur nuwun


Anone the nobody

Tidak ada komentar:

Posting Komentar