Jumat, 10 Mei 2013

Future Foundations: Elemental Scrap Lord

Bertemu kembali dengan saya dalam Future foundations, kali ini kita akan membahas deck barang-barang bekas, yang support khusus archetype-nya tidak keluar lagi. Tapi ada beberapa support yang bisa membantu deck ini semakin menyenangkan untuk dimainkan. Deck nya adalah Scrap:

SCRAP

Scrap adalah archetype untuk deck yang temanya barang-barang bekas. Disini saya menggabungkan beberapa kartu yang menurut saya bagus bila digabungkan dengan deck scrap, antara lain elemental dragon/dragon ruler yang dipakai adalah redox dan reactan karena boss monster deck scrap ber-type dragon, selain itu saya gunakan grandsoil the elemental lord karena sangat bagus di deck scrap mengingat kemampuan monster reborn nya membuat potensi OTK semakin besar juga kemampuan scrap dalam mengisi/dump graveyard untuk kuota 5 earth cukup cepat. Selain itu untuk mengisi kekurangan earth untuk bahan discard dibawa juga meklord emperor karena mudahnya monster untuk hancur membuat kartu ini berguna di semua kondisi. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut.

Deck build
Ini salah satu deckbuild yang saya sarankan untuk Scrap:

Monster: 24
3 scrap chimera
3 scrap beast
3 meklord emperor granel
2 scrap worm
3 redox the dragon ruler of boulders
2 grandsoil the elemental lord
2 meklord emperor wisel
2 ractan the dragon ruler of pebbles
2 scrap goblin
2 maxx C

Spell: 12
3 scrapstorm
3 scrapyard
1 heavy storm
1 monster reborn
2 gold sarcophagus
2 mystical space typhoon

Trap: 4
2 torrential tribute
2 call of the haunted

Extra deck:
3 scrap dragon
2 scrap twin dragon
1 scrap archfiend
1 celestial dragon
1 naturia beast
1 naturia barkion

(NB: pahami efek masing-masing kartu terlebih dahulu sebelum membaca bagian selanjutnya agar tidak bingung.)
Sample hand: 5 cards 1st draw dan next 3 cards
ket: aussa=reactan, familia-aussa=redox

Play
a.overall
Mari kita bahas lebih lanjut tentang deck ini. Konsep awalnya adalah memainkan deck scrap seperti biasa. Tapi didukung oleh monster reborn yang bisa dilakukan berulang-ulang dengan adanya grandsoil, redox dan call of the haunted. Dibantu dengan meklord emperor yang bisa disummon saat monster kita hancur sangat bagus di deck ini karena berguna untuk menambah daya serang dan pertahanan di saat tak terduga, di sini saya pakai granel dan wisel untuk potensial OTK. Lalu dengan combo scrap chimera mengeluarkan boss monster scrap dragon ke arena.

b.searching setup
Untuk searching scrap punya kartu andalan yaitu scrapyard dan scrapstorm, untuk mencari scrap tuner dan dumping scrap ke grave. Selain itu kita bisa gunakan gold sarcophagus untuk searching dragon ruler. Dengan adanya maxx C kita bisa mendapat tambahan draw bila lawan special summon dan juga bahan discard untuk dragon ruler.

c.offense combo OTK
Untuk serangan OTK, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Tapi bila kamu butuh FTK dengan opening hand berikut saya akan jelaskan langkahnya.
Hand: scrapyard/scrap beast, scrapstorm, meklord granel, redox/reactan, dan 1 earth monster.
Langkahnya sebagai berikut:
  1. cari scrap beast dengan scrapyard, lalu summon.
  2. aktifkan scrapstorm, target scrap beast, dump scrap chimera, draw 1, dan destroy scrap beast, SS granel, add scrap chimera
  3. normal summon scrap chimera , special summon scrap beast, synchro summon scrap dragon
  4. kalo ada reactan, SS redox buat bahan destroy kartu lawan, kalo adanya redox langsung di SS aja kalo arena kosong. Total damage: 4000(LP utuh)+2800+1600=8400. selesai.
Kalau OTK, bisa banyak cara misalkan ada grandsoil atau redox dan reactan bisa potensial OTK semakin besar.

Tidak tertutup kemungkinan terjadi OTK dengan cara lain, yang dibahas dalam artikel ini ya Cuma ini.

d. offense combo non-OTK
Untuk non-OTK, bisa dengan combo redox dan scrap worm untuk synchro scrap twin dragon. Bisa dengan standard play scrap dengan combo scrap chimera-scrap beast atau scrap chimera-scrap goblin. Dengan meklord emperor kita bisa mendapat attacker kuat gratis setelah mengaktifkan scrapstorm. Juga bisa dipakai sebagai bahan synchro naturia monster. Dengan grandsoil dan redox kamu bisa melakukan OTK karena keduanya bisa memanggil monster yang ada dikuburan, ditambah dengan call of the haunted pasukan scrap kamu jadi zombie yang selalu mengganggu di setiap giliran.

e. defense
Untuk pertahanan banyak cara bisa dilakukan salah satunya dengan torrential tribute. Karena bisa di set dan efeknya besar seperti dark hole, menariknya kamu bisa membawa 2. Selain itu untuk menyergap kita bisa memakai meklord emperor dengan memakai umpan scrap monster yang lemah. Selain itu redox the dragon ruler of boulders punya DEF 3000 cukup keras untuk menahan monster sekelas Blue-eyes white dragon.

Weakness
Semua deck pasti punya kelemahan. Deck scrap salah satu deck graveyard base, jadi macro cosmos dan dimensional fissure adalah musuh nyata. Bila untuk mengatasi cukup dengan mystical space typhoon dan efek dari boss monster scrap dragon dan scrap twin dragon, tapi bila ingin lebih aman bawalah imperial iron wall.

Closing
Scrap adalah deck yang menarik, meskipun bukan deck yang berorientasi pada permainan cepat mematikan dengan berbagai model OTK seperti deck dragon ruler, tapi lebih pada toolbox deck dengan combo scrap synchro. Meskipun di sini saya menghilangkan peran scrap golem dan scrap searcher yang eksplosif tapi menurut saya tetap menarik untuk dimainkan karena tempo bermain scrap jadi meningkat. Semoga bisa menjadi bahan untuk membuat deck. Selamat mencoba. 

Nuwun,nuwun, matur nuwun




Anone the dracogenius

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar